Kamis, 04 April 2013

laporan Biologi I-XII


LAPORAN PRAKTIKUM
biologi
PERCOBAAN SACHS





 











Oleh: Kevin Septiawan
Kelas: XII IPA 1 / O9101008
Laboratorium IPA SMA Eka Wijaya
2011/2012
A.    Tujuan percobaan
Untuk membuktikan sendiri bahwa proses fotosintesis menghasilkan amilum
 

B.     Dasar Teori
-          Fotosintesis, adalah salah satu proses anabolisme, yaitu peristiwa penyusunan zat organik yaitu gula dari zat anorganik yaitu karbondioksida dan air dengan bantuan energi cahaya. Ada dua reaksi dalam proses fotosintesis, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Pada terang terjadi proses pembentukan energi yang berasal dari penangkapan elektron. Reaksi gelap adalah proses pembentukan makanan yang sebenarnya dengan menggunakan energi dari reaksi terang…(syamsuri, 2007)

-          Lugol atau lugol iodin adalah zat yang terbentuk dari gabungan dari iodin dengan potasium iodida yang dilarutkan dalam air aquadest. Senyawa ini digunakan untuk pengujian bahan-bahan organik, dimana bila suatu bahan tersebut mengandung bahan-bahan organik bila ditetsi lugol akan timbul reaksi yaitu perubahan warna menjadi biru gelap sampai kehitaman. Hal ini desebabkan karena interaksi antara iodine dengan polisakarida. Selain itu senyawa ini juga akan bereaksi dengan zat amilase yang terkandung dalam tepung-tepungan yang berasal dari tumbuhan, sehingga dapat digunakan untuk uji amilum(Wikipedia, 2011)
-          Iodin adalah salah satu unsur pada golongan halogen atau VII A. unsure in kereaktivitasnya paling rendah. Iodine banyak digunakan dalam dunia medis serta pewarnaan karena memiliki warna ungu…(Wikipedia, 2011)

-          Betadine merupakan salah satu antibiotik, didalamnya terkandung senyawa iodin…(betadine, 2011)
 

C.    Alat dan Bahan
Alat:
Bahan:
Gelas beker 500 ml
3 lembar daun dari jenis yang berbeda
Gelas beker 100 ml
Alkohol 70%
Pinset
Aquades
Lampu spiritus
Betadine
Penyangga kaki tiga
Lugol
Petridish
Iodin
Korek api


D.    Cara Kerja
1.      Lepas penutup kertas timah pada daun.
2.      Masak daun bersamaan dengan air.
3.      Didinginkan daun yang telah layu.
4.      Masak air dengan alkohol untuk meluruhkan klorofilnya.
5.      Bilas dengan air lalu keringkan dan dinginkan.
6.      Teteskan lugol, iodine dan betadine pada daun. Satu daun satu jenis larutan, oles secara merata.
7.      Amati perbedaan warna yang terjadi.
 

E.     Hasil dan Pembahasan
Hasil yang didapat sebagai berikut:
Daun
Larutan uji
Perbedaan warna
1
Lugol
2
Iodine
ü   
3
Betadine

Pembahasan:
Pada daun yang ditetesi oleh lugol dan betadine tidak terjadi perbedaan warna antara bagian yang tertutup dengan bagian yang tidak tertutup oleh kertas timah. Sedangkan pada daun yang ditetesi oleh iodine daun mengalami perbedaan warna, yaitu pada bagian yang tidak tertutup kertas timah warnanya berubah menjadi giru kehitaman, sedangkan pada bagian yang tertutup tidak berubah warna yaitu tetap menunjukan warna pucat daun yang telah dihilangkan klorofilnya.
Pertanyaan
1.      Bandingkan perbedaan warna pada masing-masing daun! Apa yang terjadi?
2.      Jelaskan alasan terjadinya perbedaan warna tersebut!
3.      Apakah kegunaan betadine, lugol dan iodine?
4.      Proses apakah yang terjadi?
Jawab:
1.      Perbedaan warna daun yang terjadi adalah, setelah ditetesi iodine warna bagian daun yang tidak ditutupi oleh kertas berubah menjadi biru kehitaman, sedangkan bagian yang ditutupi warnanya pucat dan tidak bereaksi dengan iodine tersebut.
2.      Alasan terjadinya perbedaan warna pada daun adalah karena pada bagian yang tidak ditutupi terjadi reaksi terang sehingga dapat menghasilkan energi untuk melakukan reaksi gelap atau pembentukan glukosa sehingga pada saat ditetesi oleh iodine warna pada bagian itu menunjukan adanya glukosa dalam bentuk amilum. Sedangkan pada bagian yang tertutup oleh kertas timah menyebabkan bagian itu tidak dapat menangkap cahaya matahari sehingga bagian itu tidak menghasilkan energy dan reaksi gelap tidak terjadi dan tidak terdapat glukosa dalam bentuk amilum.
3.      Kegunaan betadine, lugol dan iodine adalah sebagai penguji adanya molekul amilum atau tidak dalam daun, yang menunjukan pula adanya kandungan glukosa.   
4.      Proses yang terjadi adalah terjadinya reaksi antara lugol maupun iodine serta betadine yang mampu bereaksi pada suatu banda yang mengandung amilum yang dapat diubah menjadi glukosa sehingga prosesnya sama dengan pengujian kandungan makanan
 

F.     Kesimpulan
Kesimpulan dari percobaan ini adalah cahaya sangat penting perannya dalam proses fotosintesis atau pembentukan makanan pada tumbuhan. Jika tidak mendapat cahaya khusunya dalam waktu yang cukup lama maka makanan tidak dapat dibentuk dan berpengaruh pada tumbuhan tersebut dengan berbagai bentuk perubahannya.
 

G.    Daftar Pustaka
-          Wikipedia.com. 2011. lugol iodine. Download tanggal 17 september 2011.
-          Syamsuri, istamar. 2007. Biologi untuk SMA/MA kelas XII semester 1. Jakarta: penerbit Erlangga.
-          Batedine.com. 2011. Betadine substance. Download tanggal 17 september 2011.
-          Wikipedia.com. iodine. Download tanggal 17 september 2011


Tidak ada komentar:

Posting Komentar