Kamis, 04 April 2013

Pengaruh Bacaan Teenlit Terhadap Perkembangan Psikologis Remaja - BAB V


BAB V
PENUTUP

5.1 Kesimpulan
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa:
-          Minat remaja terhadap teenlit pada masa-masa sekarnag ini sangat menurun dan hanya sebagian kecil saja yang tetap tertarik pada teenlit dan tetap menjadikannya sebagai bacaan selingan dan sarana hiburan yang membacanya hanya terkadang saja.
-          Pengaruh teenlit dalam perkembangan psikologis remaja yang masih dalam usia antara 15 sampai 18 tahun atau pada usia SMA tidak terlalu besar pengaruhnya khususnya pada perubahan sikap dan prilaku. Pengaruhnya lebih besar pada perubahan pemikiran individu terutama dalam mengkhayal.
-          Pengaruh teenlit juga tidak terlalu besar dikarenakan menurunnya minat untuk membaca bagi para remaja dimasa sekarang.
-          Pengaruh teenlit terhadap perubahan psikologis remaja lebih dipengaruhi pada kepribadian pembacanya dan hanya sebagian kecil pengaruh yang berasal dari cerita yang disajikan dalam teenlit tersebut.
-          Dampak yang muncul dalam kehidupan sehari-hari pembacanya tidak terlalu terlihat karena lebih kepada perubahan dalam pemikiran yang tidak disertai dalam perbuatan yang meniru teenlit. Selain itu dampak negative atau positif dari hal ini juga tidak terlalu terlihat.
-          Responden remaja tidak mudah tertarik pada tokoh-tokoh yang disajikan dalam cerita teenlit.

5.2 Saran
Saran dari penelitian ini terbagi atas beberapa subjek antara lain:
Saran untuk penelitian selanjutnya:
-          Dalam melakukan penelitian terhadap pangaruh teenlit dengan psikologis sebaiknya digunakan objek dengan usia yang lebih kecil dari 15 sampai 18 tahun atau lebih kepada anak-anak remaja usia SMP.
-          Sebaiknya digunakan perntanyaan-pertanyaan yang lebih menggali dari segi perubahan pemikiran karena pengaruh terbesar yang muncul ada pada perubahan dalam pemikiran.
-          Gunakan metode selain angket dan kuisioner seperti wawancara secara langsung agar lebih dapat menggali informasi dari responden.
-          Sebaiknya menggunakan  hal-hal yang dapat menarik minat agar peran responden lebih maksimal dalam penelitian.

Saran untuk masyarakat:
-          Untuk masyarakat diharapkan ikut serta melakukan pengawasan terhadap perubahan prilaku yang terjadi pada remaja yang ada disekitar lingkungannya.
-          Setelah membaca karya tulis ini, masyarakat diharapkan mampu memperhatikan dan mengamati perubahan yang terjadi pada remaja yang terlalu terpengaruh oleh teenlit.

Saran untuk guru:
-          Diharapkan sebagai guru yang telah mengetahui dampak yang mungkin akan muncul dari pengaruh teenlit setelah membaca tulisan ini, mampu memberikan pengarahan kepada siswanya dalam memilih bacaan.
-          Memberikan pengawasan pada siswanya dalam memilih bacaan yang sesuai bagi usia mereka khususnya bagi para siswa yang berusia remaja dimana masih belum stabil perkembangan psikologisnya dan mudah dapat penagruh dari bacaan.
-          Setelah mengatahui pengaruh terbesar yang dapat ditimbulkan dari teenlit yaitu pada pemikiran, para guru sebaiknya menyiapkan langkah antisipasi untuk para muridnya agar tidak terlalu terpengaruh terlalu jauh.
-          Dikarenakan pengaruh teenlit juga berpengaruh dari individunya, diharapakan untuk para siswa remaja diberikan bimbingan konseling yang tepat.

Saran untuk pengetahuan:
-          Khususnya dalam bidang psikologis, dapat dikembangkan kembali penelitian sejauh mana pengaruh bacaan teenlit pada perubahan pemikiran remaja.
-          Dalam bidang kesusastraan khusunya tentang kepenulisan teenlit, sebaiknya dalm penceritaan teenlit lebih disesuaikan kembali bentuk dan kisah-kisah yang diangkat dalam teenlit, tetapi dengan tidak meninggalkan kesan teenlit untuk para remaja dini dengan penceritaan yang ringan dan menarik bagi para remaja.

2 komentar:

  1. Halo apakah masih memiliki kontak ibu litta dwiyani? Thanks

    BalasHapus
  2. Halo apakah masih memiliki kontak ibu litta dwiyani? Thanks

    BalasHapus