BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Dari
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa:
-
Minat remaja terhadap teenlit pada masa-masa sekarnag ini sangat menurun dan hanya
sebagian kecil saja yang tetap tertarik pada teenlit dan tetap menjadikannya sebagai bacaan selingan dan sarana
hiburan yang membacanya hanya terkadang saja.
-
Pengaruh teenlit
dalam perkembangan psikologis remaja yang masih dalam usia antara 15 sampai 18
tahun atau pada usia SMA tidak terlalu besar pengaruhnya khususnya pada
perubahan sikap dan prilaku. Pengaruhnya lebih besar pada perubahan pemikiran
individu terutama dalam mengkhayal.
-
Pengaruh teenlit
juga tidak terlalu besar dikarenakan menurunnya minat untuk membaca bagi
para remaja dimasa sekarang.
-
Pengaruh teenlit
terhadap perubahan psikologis remaja lebih dipengaruhi pada kepribadian
pembacanya dan hanya sebagian kecil pengaruh yang berasal dari cerita yang
disajikan dalam teenlit tersebut.
-
Dampak yang muncul dalam kehidupan sehari-hari
pembacanya tidak terlalu terlihat karena lebih kepada perubahan dalam pemikiran
yang tidak disertai dalam perbuatan yang meniru teenlit. Selain itu dampak negative atau positif dari hal ini juga
tidak terlalu terlihat.
-
Responden remaja tidak mudah tertarik pada
tokoh-tokoh yang disajikan dalam cerita teenlit.
5.2 Saran
Saran dari penelitian ini terbagi atas beberapa subjek
antara lain:
Saran untuk penelitian selanjutnya:
-
Dalam melakukan penelitian terhadap pangaruh teenlit dengan psikologis sebaiknya
digunakan objek dengan usia yang lebih kecil dari 15 sampai 18 tahun atau lebih
kepada anak-anak remaja usia SMP.
-
Sebaiknya digunakan perntanyaan-pertanyaan yang
lebih menggali dari segi perubahan pemikiran karena pengaruh terbesar yang
muncul ada pada perubahan dalam pemikiran.
-
Gunakan metode selain angket dan kuisioner
seperti wawancara secara langsung agar lebih dapat menggali informasi dari
responden.
-
Sebaiknya menggunakan hal-hal yang dapat menarik minat agar peran
responden lebih maksimal dalam penelitian.
Saran untuk masyarakat:
-
Untuk masyarakat diharapkan ikut serta melakukan
pengawasan terhadap perubahan prilaku yang terjadi pada remaja yang ada
disekitar lingkungannya.
-
Setelah membaca karya tulis ini, masyarakat
diharapkan mampu memperhatikan dan mengamati perubahan yang terjadi pada remaja
yang terlalu terpengaruh oleh teenlit.
Saran untuk guru:
-
Diharapkan sebagai guru yang telah mengetahui
dampak yang mungkin akan muncul dari pengaruh teenlit setelah membaca tulisan ini, mampu memberikan pengarahan
kepada siswanya dalam memilih bacaan.
-
Memberikan pengawasan pada siswanya dalam
memilih bacaan yang sesuai bagi usia mereka khususnya bagi para siswa yang
berusia remaja dimana masih belum stabil perkembangan psikologisnya dan mudah
dapat penagruh dari bacaan.
-
Setelah mengatahui pengaruh terbesar yang dapat
ditimbulkan dari teenlit yaitu pada
pemikiran, para guru sebaiknya menyiapkan langkah antisipasi untuk para
muridnya agar tidak terlalu terpengaruh terlalu jauh.
-
Dikarenakan pengaruh teenlit juga berpengaruh dari individunya, diharapakan untuk para
siswa remaja diberikan bimbingan konseling yang tepat.
Saran untuk pengetahuan:
-
Khususnya dalam bidang psikologis, dapat
dikembangkan kembali penelitian sejauh mana pengaruh bacaan teenlit pada perubahan pemikiran remaja.
-
Dalam bidang kesusastraan khusunya tentang
kepenulisan teenlit, sebaiknya dalm
penceritaan teenlit lebih disesuaikan
kembali bentuk dan kisah-kisah yang diangkat dalam teenlit, tetapi dengan tidak meninggalkan kesan teenlit untuk para remaja dini dengan
penceritaan yang ringan dan menarik bagi para remaja.
Halo apakah masih memiliki kontak ibu litta dwiyani? Thanks
BalasHapusHalo apakah masih memiliki kontak ibu litta dwiyani? Thanks
BalasHapus