KARYA TULIS ILMIAH
PENGARUH BACAAN TEENLIT TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS SISWA KELAS X-XI SMA EKA
WIJAYA
diajukan untuk nilai praktik
bahasa Indonesia
disusun
oleh:
Elsa Pohiby Wulandari
Kevin Septiawan
Rika Aprilia
Stephanus Sutrisno Putra
Kelas XI IPA
SEKOLAH MENENGAH ATAS EKA WIJAYA
Jl. Mayor Oking Jayaatmaja No. 54
Cibinong – Kabupaten Bogor
2010/2011
LEMBAR PENGESAHAN KARYA
TULIS ILMIAH
PENGARUH BACAAN TEENLIT TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS
SISWA KELAS X-XI SMA EKA WIJAYA
disusun oleh:
Elsa pohiby W
Kevin Septiawan
Rika Aprilia
Stephanus Sutrisno putra
Disetujui dan disahkan
sebagai syarat nilai praktek
Pembimbing
Litta Dwiyani, S.Pd
Diketahui oleh
Kepala SMA Eka Wijaya
Harry Hamzah, S.Kom
LEMBAR PERNYATAAN
Dengan
pernyataan ini, penulis menyatakan bahwa karya tulis yang disusun ini adalah
murni hasil penelitian penulis sendiri tanpa melakukan penjiplakan atau plagiat
terhadap karya yang lain.
Penulis 1 penulis
2
Elsa Pohiby Wulandari Kevin Septiawan
Penulis 3 penulis
4
Stephanus Sutrisno Putra Rika Aprilia
LEMBAR PERSEMBAHAN
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami
panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa kerena atas rahmat dan karunia-Nya
sehingga penulis dapat menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah ini dengan
sebaik-baiknya.
Karya
Tulis Ilmiah yang berjudul “PENGARUH BACAAN TEENLIT
TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS SISWA KELAS X-XI SMA EKA WIJAYA” ini disusun
dengan tujuan untuk memenuhi nilai praktek bahasa Indonesia kami di kelas XI
semester 2 ini. Karya tulis Ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui seberapa
besar pengaruh novel khususnya teenlit
pada usia remaja yang dalam proses pencarian jati diri.
Penulis menyadari, bahwa
tanpa adanya dukungan dari orang-orang terdekat yang berada disekeliling kami,
kami tidak akan mampu untuk membuat karya tulis ilmiah ini. Tidak lupa kami pun
mengucaokan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada:
Bapak Harry Hamzah, S.Kom selaku kapala SMA Eka
Wijaya,
Ibu Litta Dwiyani, S.Pd selaku guru bahasa Indonesia
kami sekaligus pembimbing kami yang telah membantu kami dengan saran-saranya
sehingga KTI ini dapat kami selesaikan dengan baik,
Masing-masing keluarga penulis yang telah memberikan
dorongan baik secara moral maupun material,
Kepada teman-teman yang memberikan pertisipasi dalam
pembuatan KTI ini, khusunya dalam penulisan angket,
Dan kepada semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan
satu persatu yang telah berpartisipasi dalam pembuatan KTI ini.
penulis
menyadari bahwa pada KTI ini belum sempurna oleh karena itu penulis masih
memerlukan kritik dan saran agar lebih membangun dan memberikan dorongan agar
dapat menjadi lebih baik lagi.
Akhir
kata penulis mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya pada semua pihak yang
telah terlibat sampai akhirnya karya tulis ilmiah ini dapat tersusun dengan
baik. Semopga tuhan yang maha esa senantiasa melimpahkan berkat dan rahmat
kepada kita senua. Dan semoga karya tulis ilmiah kami ini dapat bermanfaat bagi
kita semua.
Cibinong, Maret 2011
penulis
ABSTRAK
PENGARUH
BACAAN TEENLIT TERHADAP PERKEMBANGAN
PSIKOLOGIS SISWA KELAS X-XI SMA EKA WIAJAYA
Elsa Pohiby Wulandari, Kevin Septiawan,
Rika Aprilia, Stephanus Sutrisno Putra
Karya
tulis ilmiah ini berjudul “PENGARUH
BACAAN TEENLIT TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS SISWA KELAS X-XI SMA EKA
WIAJAYA”, dengan latar belakang masalah yakni perubahan psikologi siswa remaja
yang banyak dipengaruhi oleh oleh bacaan-bacaan yang sering mereka baca. Judul
ini dipilih untuk melakukan suatu pengamatan khusus mengenai dampak yang dapat
timbul dari teenlit yang sering dibaca oleh para remaja. Rumusan masalah yang dibahas adalah 1) Mengapa
anak-anak remaja menyukai jenis bacaan teenlit?;
2)Apakah jenis bacaan teenlit
berpengaruh bagi perkembangan psikologis anak-anak remaja yang sering
membacanya? 3) Bagaimanakah dampak positif dan negatif yang dapat timbul akibat
sering membaca teenlit?.
Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui sebab-sebab yang menyebabkan anak remaja banyak
menyukai teenlit, untuk mengetahui pengaruh bacaan teenlit terhadap pembacanya,
dan juga dampak positif atau negative yang akan muncul dari seringnya remaja
membaca teenlit. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah agar guru
selaku pendidik dapat mengetahui dampak yang timbul dari bacaan teenlit, agar siswa dapat memilih dan
menyaring kembali yang mereka terima
dari teenlit yang mereka baca juga
bagi penulis agar dapat membantu melakukan pengamatan terhadap perubahan
prilaku yang mungkin muncul akibat teenlit.
Batasan masalah dalam penelitian ini adalah bentuk pengaruh yang mungkin dapat
ditimbulkan, jumlah siswa yang menyukai bacaan teenlit dan juga mengenai dampak
psikologis yang ditimbulkan akibat seringnya remaja khusunya para siswa dalam
membaca teenlit.
Hipotesis yang diambil
adalah bacaan teenlit banyak disukai
oleh para remaja, pengaruhnya adalah pada psikologis sangat jelas akibat unsure
ceritanya dan dampak yang timbul adalah dampak negatif. Populasi penelitian ini
adalah siswa dan siswi SMA Eka Wijaya dengan sampel siswa dan siswi kelas X-1,
X-2 dan kelas XI-IPA sebanyak 23 orang siswa dengan jumlah acak dari setiap
kelasnya tanpa ada pembedaan usia dan jenis kelamin dan juga tanpa ada
pembedaan dalam kemampuan karena setiap responden dianggap memiliki kemampuan
yang sama dalam menanggapi teenlit. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa
angket dan kuisioner terbuka. Dari penelitian ini didapat hasil yang banyak
berkesesuaian dengan teori dan berdasarkan hasil yang didapat, uji hipotesis
menunjukan bahwa hanya satu hipotesis yang sesuai dengan hasil yang didapat. Hipotesis
yang bersesuaian adalah tentang mengenai minat remaja terhadap teenlit sedangkan hipotesis mengenai
pengaruh teenlit terhadap perkembangan psikologis remaja dan dampak yang timbul
adalah dampak negatif tidak berhasil.
DAFTAR ISI
Halaman Judul
|
………………………………………………………………………..
|
i
|
||||||
Lembar Pengesahan
|
…………………………………………………………………
|
ii
|
||||||
Lembar Pernyataan
|
…………………………………………………………………
|
iii
|
||||||
Lembar Persembahan
|
………………………………………………………………
|
iv
|
||||||
Kata Pengantar
|
………………………………………………………………………..
|
v
|
||||||
Abstrak
|
………………………………………………………………………………..
|
vi
|
||||||
Daftar Isi
|
……………………………………………………………………………
|
vii
|
||||||
Daftar Tabel
|
…………………………………………………………………………
|
x
|
||||||
Daftar Lampiran
|
……………………………………………………………………
|
xi
|
||||||
BAB I: PENDAHULUAN
1.1
|
Latar Belakang Masalah
|
………………………………………………………...
|
1
|
|||||
1.2
|
Rumusan Masalah
|
………………………………………………………………
|
2
|
|||||
1.3
|
Batasan Penelitian
|
………………………………………………………………
|
2
|
|||||
1.4
|
Tujuan Penelitian
|
………………………………………………………………
|
2
|
|||||
1.5
|
Manfaat Penelitian
|
………………………………………………………………
|
3
|
|||||
1.6
|
Sistematika Penelitian
|
…………………………………………………………..
|
3
|
|||||
1.7
|
Anggapan Dasar
|
………………………………………………………………...
|
6
|
|||||
1.8
|
Definisi Operasional
|
…………………………………………………………….
|
7
|
|||||
1.9
|
Hipotesis
|
………………………………………………………………………...
|
7
|
|||||
BAB II: PENGARUH BACAAN TEENLIT
TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS SISWA KELAS X-XI SMA EKA WIJAYA
2.1
|
Pengertian
Sastra
|
……………………………………………………………...
|
9
|
|||||||||||||||||||
2.1.1
|
Pembagian Sastra
Indonesia
|
……………………………………………...
|
10
|
|||||||||||||||||||
2.1.1.1
|
Karya Sastra
Lama
|
…………………………………………………….
|
10
|
|||||||||||||||||||
2.1.1.2
|
Karya Sastra
Baru
|
……………………………………………………...
|
10
|
|||||||||||||||||||
2.1.1.2.1
|
Roman
|
……………………………………………………………...
|
11
|
|||||||||||||||||||
2.1.1.2.2
|
Novel
|
………………………………………………………………..
|
11
|
|||||||||||||||||||
2.1.1.2.3
|
Cerpen
|
……………………………………………………………...
|
11
|
|||||||||||||||||||
2.1.1.2.4
|
Puisi Modern
|
………………………………………………………..
|
12
|
|||||||||||||||||||
2.2
|
Novel dan Teenlit
|
…………………………………………………………….
|
12
|
|||||||||||||||||||
2.2.1
|
Pengertian
Novel Secara Keseluruhan
|
…………………………………….
|
12
|
|||||||||||||||||||
2.2.2
|
Teenlit
|
……………………………………………………………………...
|
13
|
|||||||||||||||||||
2.2.2.1
|
Teenlit dan Chiklit di masa kini
|
………………………………………
|
14
|
|||||||||||||||||||
2.3
|
Psikologis
Remaja
|
……………………………………………………………
|
18
|
|||||||||||||||||||
2.3.1
|
Periode Masa Puber usia 12-18 tahun
|
……………………………………
|
21
|
|||||||||||||||||||
2.3.2
|
Periode
Remaja Adolesen usia 19-21 tahun
|
………………………………
|
22
|
|||||||||||||||||||
BAB III: METODE PENELITIAN
3.1
|
Data
Penelitian
|
………………………………………………………………….
|
24
|
||||||
3.1.1
|
Populasi
|
………………………………………………………………………
|
24
|
||||||
3.1.2
|
Sampel
Penelitian
|
…………………………………………………………….
|
24
|
||||||
3.1.3
|
Deskripsi
Penelitian
|
..........................................................................................
|
24
|
||||||
3.2
|
Instrumen
Penelitian
|
……………………………………………………………
|
26
|
||||||
BAB IV: HASIL DAN PEMBAHASAN
PENELITIAN
4.1
|
Analisis Hasil Data
|
…………………………………………………………….
|
29
|
||
4.2
|
Interpretasi Masalah
|
……………………………………………………………
|
43
|
||
4.3
|
Uji Hipotesis
|
……………………………………………………………………
|
52
|
||
BAB V:
PENUTUP
5.1
|
Kesimpulan
|
…………………………………………………………………….
|
53
|
||||
5.2
|
Saran
|
……………………………………………………………………………
|
54
|
||||
Daftar Pustaka
|
………………………………………………………………………..
|
Xi
|
|||||
Riwayat Hidup Penulis
|
………………………………………………………………
|
Xii
|
|||||
Lampiran
|
……………………………………………………………………………...
|
Xiv
|
|||||
DAFTAR
TABEL
Table 3.1
|
………………………………………………………………………………
|
23
|
|
Table 4.1
|
………………………………………………………………………………
|
29
|
|
Table 4.2
|
………………………………………………………………………………
|
30
|
|
Table 4.3
|
………………………………………………………………………………
|
31
|
|
Table 4.4
|
………………………………………………………………………………
|
31
|
|
Table 4.5
|
………………………………………………………………………………
|
32
|
|
Table 4.6
|
………………………………………………………………………………
|
32
|
|
Table 4.7
|
………………………………………………………………………………
|
33
|
|
Table 4.8
|
………………………………………………………………………………
|
34
|
|
Table 4.9
|
………………………………………………………………………………
|
34
|
|
Table 4.10
|
……………………………………………………………………………...
|
35
|
|
Table 4.11
|
……………………………………………………………………………...
|
36
|
|
Table 4.12
|
……………………………………………………………………………..
|
36
|
|
Table 4.13
|
……………………………………………………………………………...
|
37
|
|
Table 4.14
|
……………………………………………………………………………...
|
38
|
|
Table 4.15
|
……………………………………………………………………………...
|
38
|
|
DAFTAR LAMPIRAN
Dokumentasi
Penelitian
|
………………………………………………………………
|
xiii
|
|
Hasil Angket
dan Kuisioner
|
………………………………………………………….
|
xiv
|
|
DAFTAR PUSTAKA
-
Wikipedia Indonesia. 2011. Pengertian Sastra.
[online]
-
Wikipedia
Indonesia. 2011. Pembagian Karya Sastra Indonesia. [online]
-
Wikipedia Indonesia. 2011. Roman. [online]
Tersedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Roman
[20 Mei 2011]
-
Annehira. 2003. Pengertian Novel. [online]
(cari
tentang Wikipedia)
-
Sastra Indonesia. 2009. Chicklit dan teenlit
relativitas kualitatif paradigma cerita. [online]
Tersedia: http://sastra-indonesia.com/2009/05/chicklit-dan-teenlit-relativitas-kualitatif-paradigma-cerita/.html. [20 Mei 2011]
Penulis
lahir pada tanggal 28 Maret 1994 di Bogor, merupakan anak kedua dari tiga
bersaudara. Dokter bedah/jantung adalah cita-cita yang ingin penulis tempuh
dengan belajar tekun di Sekolah Menengah Atas, Eka Wijaya. Siswi kelas XI-IPA
ini bernama Elsa Pohhiby Wulandari. Hobi penulis yaitu membaca novel serta
menulis cerita dan syair-syair puisi yang indah. Karena penulis berasal dari
Medan dengan suku Batak, maka penulis dipanggil dengan panggilan “Ito” yang
berarti kakak perempuan dalam bahasa Batak.
Penulis adalah
seorang siswa dengan jabatan rangkap, yaitu Ketua Kelas di XI IPA dan sekaligus
Ketua OSIS SMA (angkatan 2010-2011) yang dianggap cukup aneh oleh anggotanya. Penulis bernama Kevin Septiawan. Sejak Sekolah Dasar hingga
kini, penulis terlihat masih kerasan menjalani pendidikannya di EKA WIJAYA.
Lahir pada 23 September 1994 di Depok, Jawa Barat. Dan satu keunikan lagi dari
dirinya adalah memiliki nama panggilan “Asep” dari kawannya untuknya, itu
diambil dari nama belakangnya, yaitu “Septiawan”.
Penulis memiliki hobi yaitu berkebun dan bersantai dirumahnya. Penulis memiliki
cita-cita untuk menjadi seorang pendobrak baru dalam keluarganya dengan
menjalani pendidikan yang berbeda dari saudara-saudaranya.
Di
Bogor, 11 April 1995, penulis terlahir sebagai anak bungsu dari empat bersaudara.
Meskipun penulis anak terakhir, ia tidak memilih untuk menjadi anak manja,
malah ia menjadi anak yang keras dan mandiri, walaupun tak dapat dipungkiri
masih ada rasa prihatin dan penyayang pada dirinya. Penulis bernama Rika
Aprilia. Ia sangat kental dengan etnis Tionghuanya karena memiliki mata yang
sipit sehingga temannya memanggilnya dengan sebutan “Cici”. Siswi kelas XI IPA
ini memiliki sifat cuek dan galak, itulah pandangan orang terhadapnya. Penulis bercita-cita
menjadi seorang dokter kecantikan dan membahagiakan keluarga serta kedua
orangtuanya.
Penulis bernama Stephanus Sutrisno
Putra lahir … di … . ia anak kedua dari du bersaudara. Ia tinggal di citeureup,
karang asem barat. Memiliki hobi … dan memiliki cita-cita ingin menjadi … .
dalam belajar ia memiliki kata-kata semangat yaitu … .s
kunjunganku di blog ini sungguh merupakan keberuntungan baru, karena bisa menemukan artikel bermanfat bagi saya, sehingga dapat memberi image baik bagi pengunjungnya? salam sukses :)
BalasHapus