Kamis, 04 April 2013

Pra BAB


KARYA TULIS ILMIAH
PENGARUH BACAAN TEENLIT TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS SISWA KELAS X-XI SMA EKA WIJAYA
diajukan untuk nilai praktik bahasa Indonesia
disusun oleh:
Elsa Pohiby Wulandari
Kevin Septiawan
Rika Aprilia
Stephanus Sutrisno Putra

Kelas XI IPA





 








SEKOLAH MENENGAH ATAS EKA WIJAYA
Jl. Mayor Oking Jayaatmaja No. 54
Cibinong – Kabupaten Bogor
2010/2011

LEMBAR PENGESAHAN KARYA TULIS ILMIAH
PENGARUH BACAAN TEENLIT TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS SISWA KELAS X-XI SMA EKA WIJAYA
disusun oleh:
Elsa pohiby W
Kevin Septiawan
Rika Aprilia
Stephanus Sutrisno putra

Disetujui dan disahkan sebagai syarat nilai praktek
Pembimbing



Litta Dwiyani, S.Pd



Diketahui oleh
Kepala SMA Eka Wijaya




Harry Hamzah, S.Kom




LEMBAR PERNYATAAN

            Dengan pernyataan ini, penulis menyatakan bahwa karya tulis yang disusun ini adalah murni hasil penelitian penulis sendiri tanpa melakukan penjiplakan atau plagiat terhadap karya yang lain.

Penulis 1                                                                                             penulis 2



Elsa Pohiby Wulandari                                                                             Kevin Septiawan




            Penulis 3                                                                                              penulis 4                     




Stephanus Sutrisno Putra                                                                              Rika Aprilia                                                                              



LEMBAR PERSEMBAHAN




























KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa kerena atas rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah ini dengan sebaik-baiknya.
            Karya Tulis Ilmiah yang berjudul “PENGARUH BACAAN TEENLIT TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS SISWA KELAS X-XI SMA EKA WIJAYA” ini disusun dengan tujuan untuk memenuhi nilai praktek bahasa Indonesia kami di kelas XI semester 2 ini. Karya tulis Ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh novel khususnya teenlit pada usia remaja yang dalam proses pencarian jati diri.
Penulis menyadari, bahwa tanpa adanya dukungan dari orang-orang terdekat yang berada disekeliling kami, kami tidak akan mampu untuk membuat karya tulis ilmiah ini. Tidak lupa kami pun mengucaokan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada:
Bapak Harry Hamzah, S.Kom selaku kapala SMA Eka Wijaya,
Ibu Litta Dwiyani, S.Pd selaku guru bahasa Indonesia kami sekaligus pembimbing kami yang telah membantu kami dengan saran-saranya sehingga KTI ini dapat kami selesaikan dengan baik,
Masing-masing keluarga penulis yang telah memberikan dorongan baik secara moral maupun material,
Kepada teman-teman yang memberikan pertisipasi dalam pembuatan KTI ini, khusunya dalam penulisan angket,
Dan kepada semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu yang telah berpartisipasi dalam pembuatan  KTI ini.
            penulis menyadari bahwa pada KTI ini belum sempurna oleh karena itu penulis masih memerlukan kritik dan saran agar lebih membangun dan memberikan dorongan agar dapat menjadi lebih baik lagi.
            Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya pada semua pihak yang telah terlibat sampai akhirnya karya tulis ilmiah ini dapat tersusun dengan baik. Semopga tuhan yang maha esa senantiasa melimpahkan berkat dan rahmat kepada kita senua. Dan semoga karya tulis ilmiah kami ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Cibinong, Maret 2011

penulis

ABSTRAK
PENGARUH BACAAN TEENLIT TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS SISWA KELAS X-XI SMA EKA WIAJAYA
Elsa Pohiby Wulandari, Kevin Septiawan, Rika Aprilia, Stephanus Sutrisno Putra

            Karya tulis ilmiah ini  berjudul “PENGARUH BACAAN TEENLIT TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS SISWA KELAS X-XI SMA EKA WIAJAYA”, dengan latar belakang masalah yakni perubahan psikologi siswa remaja yang banyak dipengaruhi oleh oleh bacaan-bacaan yang sering mereka baca. Judul ini dipilih untuk melakukan suatu pengamatan khusus mengenai dampak yang dapat timbul dari teenlit yang sering dibaca oleh para remaja. Rumusan masalah yang dibahas adalah 1) Mengapa anak-anak remaja menyukai jenis bacaan teenlit?; 2)Apakah jenis bacaan teenlit berpengaruh bagi perkembangan psikologis anak-anak remaja yang sering membacanya? 3) Bagaimanakah dampak positif dan negatif yang dapat timbul akibat sering membaca teenlit?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sebab-sebab yang menyebabkan anak remaja banyak menyukai teenlit, untuk mengetahui pengaruh bacaan teenlit terhadap pembacanya, dan juga dampak positif atau negative yang akan muncul dari seringnya remaja membaca teenlit. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah agar guru selaku pendidik dapat mengetahui dampak yang timbul dari bacaan teenlit, agar siswa dapat memilih dan menyaring kembali yang  mereka terima dari teenlit yang mereka baca juga bagi penulis agar dapat membantu melakukan pengamatan terhadap perubahan prilaku yang mungkin muncul akibat teenlit. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah bentuk pengaruh yang mungkin dapat ditimbulkan, jumlah siswa yang menyukai bacaan teenlit dan juga mengenai dampak psikologis yang ditimbulkan akibat seringnya remaja khusunya para siswa dalam membaca teenlit.
Hipotesis yang diambil adalah bacaan teenlit banyak disukai oleh para remaja, pengaruhnya adalah pada psikologis sangat jelas akibat unsure ceritanya dan dampak yang timbul adalah dampak negatif. Populasi penelitian ini adalah siswa dan siswi SMA Eka Wijaya dengan sampel siswa dan siswi kelas X-1, X-2 dan kelas XI-IPA sebanyak 23 orang siswa dengan jumlah acak dari setiap kelasnya tanpa ada pembedaan usia dan jenis kelamin dan juga tanpa ada pembedaan dalam kemampuan karena setiap responden dianggap memiliki kemampuan yang sama dalam menanggapi teenlit. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket dan kuisioner terbuka. Dari penelitian ini didapat hasil yang banyak berkesesuaian dengan teori dan berdasarkan hasil yang didapat, uji hipotesis menunjukan bahwa hanya satu hipotesis yang sesuai dengan hasil yang didapat. Hipotesis yang bersesuaian adalah tentang mengenai minat remaja terhadap teenlit sedangkan hipotesis mengenai pengaruh teenlit terhadap perkembangan psikologis remaja dan dampak yang timbul adalah dampak negatif tidak berhasil.


DAFTAR ISI
Halaman Judul
………………………………………………………………………..
i
Lembar Pengesahan
…………………………………………………………………
ii
Lembar Pernyataan
…………………………………………………………………
iii
Lembar Persembahan
………………………………………………………………
iv
Kata Pengantar
………………………………………………………………………..
v
Abstrak
………………………………………………………………………………..
vi
Daftar Isi
……………………………………………………………………………
vii
Daftar Tabel
…………………………………………………………………………
x
Daftar Lampiran
……………………………………………………………………
xi










BAB I: PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
………………………………………………………...
1
1.2
Rumusan Masalah
………………………………………………………………
2
1.3
Batasan Penelitian
………………………………………………………………
2
1.4
Tujuan Penelitian
………………………………………………………………
2
1.5
Manfaat Penelitian
………………………………………………………………
3
1.6
Sistematika Penelitian
…………………………………………………………..
3
1.7
Anggapan Dasar
………………………………………………………………...
6
1.8
Definisi Operasional
…………………………………………………………….
7
1.9
Hipotesis
………………………………………………………………………...
7










BAB II: PENGARUH BACAAN TEENLIT TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS SISWA KELAS X-XI SMA EKA WIJAYA
2.1
Pengertian Sastra
……………………………………………………………...
9

2.1.1
Pembagian Sastra Indonesia
……………………………………………...
10

2.1.1.1
Karya Sastra Lama
…………………………………………………….
10

2.1.1.2
Karya Sastra Baru
……………………………………………………...
10

2.1.1.2.1
Roman
……………………………………………………………...
11

2.1.1.2.2
Novel
………………………………………………………………..
11

2.1.1.2.3
Cerpen
……………………………………………………………...
11

2.1.1.2.4
Puisi Modern
………………………………………………………..
12
2.2
Novel dan Teenlit
…………………………………………………………….
12

2.2.1
Pengertian Novel Secara Keseluruhan
…………………………………….
12

2.2.2
Teenlit
……………………………………………………………………...
13

2.2.2.1
Teenlit dan Chiklit di masa kini
………………………………………
14
2.3
Psikologis Remaja
……………………………………………………………
18

2.3.1
 Periode Masa Puber usia 12-18 tahun
……………………………………
21

2.3.2
Periode Remaja Adolesen usia 19-21 tahun
………………………………
22
























BAB III: METODE PENELITIAN
3.1
Data Penelitian
………………………………………………………………….
24

3.1.1
Populasi
………………………………………………………………………
24

3.1.2
Sampel Penelitian
…………………………………………………………….
24

3.1.3
Deskripsi Penelitian
..........................................................................................
24
3.2
Instrumen Penelitian
……………………………………………………………
26











BAB IV: HASIL DAN PEMBAHASAN PENELITIAN
4.1
Analisis Hasil Data
…………………………………………………………….
29
4.2
Interpretasi Masalah
……………………………………………………………
43
4.3
Uji Hipotesis
……………………………………………………………………
52







BAB V: PENUTUP
5.1
Kesimpulan
…………………………………………………………………….
53
5.2
Saran
……………………………………………………………………………
54
Daftar Pustaka
………………………………………………………………………..
Xi
Riwayat Hidup Penulis
………………………………………………………………
Xii
Lampiran
……………………………………………………………………………...
Xiv
























DAFTAR TABEL
Table 3.1
………………………………………………………………………………
23
Table 4.1
………………………………………………………………………………
29
Table 4.2
………………………………………………………………………………
30
Table 4.3
………………………………………………………………………………
31
Table 4.4
………………………………………………………………………………
31
Table 4.5
………………………………………………………………………………
32
Table 4.6
………………………………………………………………………………
32
Table 4.7
………………………………………………………………………………
33
Table 4.8
………………………………………………………………………………
34
Table 4.9
………………………………………………………………………………
34
Table 4.10
……………………………………………………………………………...
35
Table 4.11
……………………………………………………………………………...
36
Table 4.12
……………………………………………………………………………..
36
Table 4.13
……………………………………………………………………………...
37
Table 4.14
……………………………………………………………………………...
38
Table 4.15
……………………………………………………………………………...
38











DAFTAR LAMPIRAN
Dokumentasi Penelitian
………………………………………………………………
xiii
Hasil Angket dan Kuisioner
………………………………………………………….
xiv
























DAFTAR PUSTAKA

-          Wikipedia Indonesia. 2011. Pengertian Sastra. [online]
Tersedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Sastra [20 Mei 2011]
-          Wikipedia Indonesia. 2011. Pembagian Karya Sastra Indonesia. [online]
-          Wikipedia Indonesia. 2011. Roman. [online]
Tersedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Roman [20 Mei 2011]
-          Annehira. 2003. Pengertian Novel. [online]
(cari tentang Wikipedia)
-          Sastra Indonesia. 2009. Chicklit dan teenlit relativitas kualitatif paradigma cerita. [online]












Penulis lahir pada tanggal 28 Maret 1994 di Bogor, merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Dokter bedah/jantung adalah cita-cita yang ingin penulis tempuh dengan belajar tekun di Sekolah Menengah Atas, Eka Wijaya. Siswi kelas XI-IPA ini bernama Elsa Pohhiby Wulandari. Hobi penulis yaitu membaca novel serta menulis cerita dan syair-syair puisi yang indah. Karena penulis berasal dari Medan dengan suku Batak, maka penulis dipanggil dengan panggilan “Ito” yang berarti kakak perempuan dalam bahasa Batak.

Penulis adalah seorang siswa dengan jabatan rangkap, yaitu Ketua Kelas di XI IPA dan sekaligus Ketua OSIS SMA (angkatan 2010-2011) yang dianggap cukup aneh oleh anggotanya. Penulis  bernama Kevin Septiawan. Sejak Sekolah Dasar hingga kini, penulis terlihat masih kerasan menjalani pendidikannya di EKA WIJAYA. Lahir pada 23 September 1994 di Depok, Jawa Barat. Dan satu keunikan lagi dari dirinya adalah memiliki nama panggilan “Asep” dari kawannya untuknya, itu diambil dari nama belakangnya, yaitu “Septiawan”. Penulis memiliki hobi yaitu berkebun dan bersantai dirumahnya. Penulis memiliki cita-cita untuk menjadi seorang pendobrak baru dalam keluarganya dengan menjalani pendidikan yang berbeda dari saudara-saudaranya.

Di Bogor, 11 April 1995, penulis terlahir sebagai anak bungsu dari empat bersaudara. Meskipun penulis anak terakhir, ia tidak memilih untuk menjadi anak manja, malah ia menjadi anak yang keras dan mandiri, walaupun tak dapat dipungkiri masih ada rasa prihatin dan penyayang pada dirinya. Penulis bernama Rika Aprilia. Ia sangat kental dengan etnis Tionghuanya karena memiliki mata yang sipit sehingga temannya memanggilnya dengan sebutan “Cici”. Siswi kelas XI IPA ini memiliki sifat cuek dan galak, itulah pandangan orang terhadapnya. Penulis bercita-cita menjadi seorang dokter kecantikan dan membahagiakan keluarga serta kedua orangtuanya.

            Penulis bernama Stephanus Sutrisno Putra lahir … di … . ia anak kedua dari du bersaudara. Ia tinggal di citeureup, karang asem barat. Memiliki hobi … dan memiliki cita-cita ingin menjadi … . dalam belajar ia memiliki kata-kata semangat yaitu … .s

1 komentar:

  1. kunjunganku di blog ini sungguh merupakan keberuntungan baru, karena bisa menemukan artikel bermanfat bagi saya, sehingga dapat memberi image baik bagi pengunjungnya? salam sukses :)

    BalasHapus